Cara Jual Rumah Melalui Agen Properti yang Benar

Cara jual lewat agen properti kerap dijadikan pilihan agar mendapatkan harga yang sesuai dengan keinginan. Namun, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih agen properti karena tidak semuanya bisa dipercaya.

Cara Jual Rumah Melalui Agen Properti yang Benar
Cara menjual properti rumah | source: Canva

Sebelum menjual rumah, pastikan cari tahu dulu agen properti atau broker yang akan dipilih agar tak menyesal di kemudian hari. Jika agen properti dipilih tanpa banyak pertimbangan, tentu Anda bisa saja tertipu dan mengalami kerugian yang besar.

Cara jual rumah melalui agen properti terbilang sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengunjungi situs resminya. Kemudian mengisi formulir penjualan sesuai dengan data diri pribadi dan melakukan verifikasi. Lalu bagaimana tips agar mendapatkan agen properti yang berkualitas dan terpercaya?

Pilihlah Jasa Agen Properti yang Komunikatif

Jika Anda menggunakan jasa agen properti untuk menjual rumah, mereka akan memberikan update rutin kepada penjual. Informasi yang diberikan antara lain adalah mengenai kisaran harga rumah, pembeli potensial, hingga rumah yang juga sedang dijual di kawasan sekitar.

Cara Jual Rumah Melalui Agen Properti yang Benar
Agent properti komunikatif | Source: Canva

Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar memilih jasa agen properti atau broker yang komunikatif. Dengan demikian, informasi yang diberikan kepada Anda dapat dijadikan pertimbangan.

Pastikan Broker Pro Aktif

Kalau agen properti sering bertanya kepada Anda mengenai rumah yang akan dijual, itu berarti mereka tergolong aktif. Agen properti yang terpercaya akan menggali info yang selengkap-lengkapnya mengenai rumah yang dijual dan mencocokkannya dengan kebutuhan calon pembeli.

Baca Juga:  5 Langkah Cerdas dalam Mengajukan KPR ke Bank Tahun 2023

Memahami Keinginan Anda

Sebagai penjual, tentunya Anda memiliki keinginan tertentu, seperti rumah cepat laku dengan harga yang oke. Sehingga, agen properti harus bisa mendengarkan dan memahami keinginan Anda sebagai pengguna jasa yang harus dipuaskan.

Berorientasi pada Klien

Agen properti yang berkualitas harus bisa menyelaraskan antara keinginan penjual dengan pembeli. Untuk itu, pilihlah agen jual rumah yang berorientasi pada klien dan mampu memberikan masukan, insight, dan lain sebagainya.

Dapat Beradaptasi dengan Baik

Setiap orang pasti mempunyai cara berkomunikasi yang berbeda-beda. Apalagi di zaman sekarang ini ada banyak pilihan media komunikasi yang cepat dan mudah seperti e-mail, WhatsApp, telepon, atau bahkan bertemu langsung.

Untuk itu, pastikan bahwa calon broker yang Anda pilih dapat beradaptasi dengan kebutuhan dan cara berkomunikasi klien. Mereka harus bisa memahami kebiasaan Anda sebagai klien agar proses komunikasi bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Broker Mencari Tahu Jangka Waktu Klien dalam Menjual Rumah

Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin menjual rumahnya, seperti ingin pindah rumah, pindah kota, butuh uang cepat, dan lain sebagainya. Broker harus mencari tahu berapa jangka waktu yang diinginkan klien agar rumahnya laku terjual.

Jika broker yang Anda pilih terkesan malas mencari tahu, sebaiknya beralihlah ke agen properti lainnya. Sebab, jika broker tidak mau aktif, tentu saja rumah tidak akan terjual dalam jangka waktu yang diharapkan.

Bersedia Memberikan Referensi

Broker yang berkualitas tidak akan ragu untuk menginformasikan beberapa klien terakhirnya kepada Anda. Dari klien-klien sebelumnya tersebut Anda bisa mencari tahu bagaimana kinerja dan kualitas pelayanan dari broker.

Pastikan broker mau memberikan referensi tersebut tanpa diminta agar Anda mengetahui sejauh mana mereka bisa dipercaya. Jika klien sebelumnya memberikan ulasan yang positif dan menjanjikan, Anda bisa melanjutkan menggunakan jasa tersebut.

Baca Juga:  Cara Memulai Bisnis Properti Dari Nol, Mudah Sekali!

Bagi Anda yang sedang bingung cara jual rumah melalui agen properti, semoga informasi di atas bisa membantu. Perhatikan tips-tips di atas dengan saksama agar rumah Anda bisa terjual secara cepat dan sesuai target.

Rumahub

Rumahub

Baca Juga Artikel Lainnya

Iklan Properti

Rumahub Listing Property

Jual beli rumah dengan mudah bersama Rumahub. daftar dan login untuk memasang listing properti mu sekarang!

Panduan Populer

notifikasi panduan terbaru

Dapatkan update panduan properti terbaru dari langsung ke email anda

Compare listings

Compare