2023, Properti Masih Menjadi Kontributor Utama Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) memprediksikan bahwa sektor masih akan menjadi salah satu kontributor utama perekonomian Indonesia pada tahun 2023 yang diproyeksikan tumbuh sekitar 5%. Marketing Director PT Agung Podomoro Land, Agung Wirajaya menjelaskan bahwa pemulihan ekonomi yang berjalan positif dan daya beli konsumen yang terus menguat, akan menjadi katalis yang mendorong transaksi di sektor properti.

2023, Properti Masih Menjadi Kontributor Utama Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Sumber foto: pexels.com

Faktor Pendorong Pertumbuhan Sektor Properti

Agung Wirajaya mengatakan bahwa sejumlah pengembang tetap agresif dan semakin inovatif dalam mengembangkan produk-produk properti sesuai keinginan konsumen yang semakin berubah. Tumbuhnya perekonomian yang ditopang meningkatnya aktivitas sektor industri di sejumlah kota di luar Jakarta, juga membantu memacu permintaan properti premium.

 

Contoh Kasus: Karawang, Jawa Barat

Karawang, Jawa Barat merupakan salah satu contoh kota yang mengalami peningkatan permintaan properti premium. Karawang kini menjadi pusat ekonomi baru berkat pertumbuhan kawasan industri strategis di wilayah itu. Banyak dunia yang membuka pabrik dan industrinya di Karawang, menyebabkan permintaan terhadap properti premium semakin besar.

 

Daya Beli Konsumen dan Investor Semakin Kuat

Kondisi positif ini didukung dengan makin banyaknya pengusaha domestik yang sukses dengan daya beli yang semakin kuat. Hingga 30 September 2022, APLN telah mencatatkan pendapatan hingga Rp 7,38 triliun dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 2,90 triliun. Kenaikan ini beriringan dengan kenaikan laba bruto perusahaan sebesar Rp 4,39 triliun.

 

Kesimpulan

Dengan faktor-faktor seperti pemulihan ekonomi, daya beli konsumen yang terus meningkat, dan pertumbuhan sektor industri di luar Jakarta, sektor properti masih diprediksikan akan menjadi salah satu kontributor utama perekonomian Indonesia pada tahun 2023. APLN sendiri telah membuktikan kondisi ini dengan catatannya yang menunjukkan kenaikan pendapatan dan laba bruto perusahaan.

Baca Juga:  Lo Kheng Hong: Saham Properti Saat Ini Sedang dalam Tren Sulit, Namun Beli dan Tunggu Saat Harga Murah
Rumahub

Rumahub

Menulis artikel panduan properti telah menjadikan misi kami untuk berbagi yang terbaru dan terbaik tentang properti, real estat, dan banyak lagi.

Baca Juga Artikel Lainnya

Iklan Properti

Rumahub Listing Property

Jual beli rumah dengan mudah bersama Rumahub. daftar dan login untuk memasang listing properti mu sekarang!

Panduan Populer

notifikasi panduan terbaru

Dapatkan update panduan properti terbaru dari langsung ke email anda

Compare listings

Compare