Kelebihan dan Kekurangan Sewa Rumah Dibandingkan Beli Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Sewa Rumah Dibandingkan Beli RumahKelebihan dan Kekurangan Sewa Dibandingkan Beli Rumah –  Rumah memang sangat dibutuhkan manusia. Namun karena alasan kebutuhan biaya yang dianggap terlalu tinggi, tak sedikit yang tertarik untuk menyewa daripada sendiri.

Soal memilih untuk menyewa atau membeli rumah selalu menjadi pilihan yang sulit. Meski banyak rumah yang dijual dengan harga murah, namun tetap saja ada orang yang lebih memilih untuk menyewa rumah daripada membelinya. Mereka yang memilih untuk menyewa rumah biasanya mempertimbangkan masalah pembiayaan pembayaran rumah.

Membeli rumah dengan sistem tunai memang sulit, sehingga sistem cicilan menjadi alternatif terbaik untuk membeli rumah. Besarnya uang muka dan cicilan bulanan ini membuat sebagian orang merasa tidak mampu untuk membeli rumah dan memilih untuk menyewa rumah.

Dari sini kemudian muncul pertanyaan, lebih baik menyewa atau membeli rumah? Sebelum menjawab pertanyaan ini, Anda harus terlebih dahulu memahami kelebihan dan kekurangan sewa rumah dibandingkan beli rumah.

Table of Contents

Menyewa rumah

Menyewa rumah adalah pilihan terbaik bagi keluarga yang tidak memiliki anggaran yang cukup untuk membeli rumah. Keuntungan dari opsi ini antara lain tidak perlu mengumpulkan banyak uang untuk membayar uang muka pinjaman rumah, cicilan dan sebagainya.

Mereka hanya perlu membayar biaya sewa rumah yang biasanya dihitung per tahun. Nilai dana yang harus dikeluarkan lebih banyak dibandingkan saat membeli rumah walaupun dengan sistem kredit atau cicilan. Selain itu, melalui sistem sewa tidak akan ada rumah, PBB, IMB dan sebagainya.

Dibalik semua kelebihan tersebut, menyewa rumah juga memiliki kekurangan. Apalagi jika dihitung dalam jangka panjang. Penyebab utamanya, biaya yang dikeluarkan untuk menyewa rumah tidak akan bisa kembali. Berbeda dengan membeli, kontes cicilan akan mendapatkan reward berupa membangun rumah dan tanah.

Baca Juga:  Tips Sewa Rumah bagi Pasangan Baru Menikah

Membeli rumah

Membeli rumah tidak hanya membutuhkan dana yang besar, tetapi juga mempersiapkan finansial yang lebih baik daripada menyewa. Tapi perjuangan keras ini sangat layak untuk diraih. Salah satunya, rumah bisa dijadikan sebagai sarana , terutama dalam jangka panjang.

Selain itu, masa depan keluarga menjadi lebih terjamin karena rumah adalah harta yang bisa didapatkan. Setidaknya, keluarga masih memiliki tempat tinggal. Satu lagi, rumah dan tanah atau harta benda bisa dijadikan senjata ketika sedang membutuhkan dana besar, misalnya untuk menjalankan peluang .

Hanya saja jika Anda memiliki rumah sendiri, Anda juga perlu membayar untuk perawatan dan saat terjadi kerusakan. Sangat berbeda dengan menyewa, dimana penyewa tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perbaikan saja kecuali untuk perbaikan kecil.

Kemudian jika pembelian dilakukan dengan sistem kredit, butuh waktu lebih lama untuk memilikinya secara penuh. Selama masa tidak terbayar, sistem pengelolaan keuangan keluarga harus dilakukan secermat mungkin.

Risiko terbesar saat pembayaran kredit atau cicilan gagal adalah sebagian besar uang yang telah digunakan untuk membayar uang muka beserta cicilannya hilang. Apalagi selain bunga, membeli rumah juga akan dikenakan , izin mendirikan bangunan, PBB dan lain-lain.

Dari penjelasan di atas, dapat dipastikan bahwa sebenarnya membeli rumah jauh lebi menguntungkan daripada menyewa. Namun karena semuanya juga memiliki kekurangan, tentunya harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Terutama pada hal-hal yang berkaitan dengan kemampuan finansial.

Demikian pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan sewa rumah dibandingkan beli rumah dari rumahub, semoga artikel ini bermanfaat.

Rumahub

Rumahub

Menulis artikel panduan properti telah menjadikan misi kami untuk berbagi yang terbaru dan terbaik tentang properti, real estat, dan banyak lagi.

Baca Juga Artikel Lainnya

Iklan Properti

Rumahub Listing Property

Jual beli rumah dengan mudah bersama Rumahub. daftar dan login untuk memasang listing properti mu sekarang!

Panduan Populer

notifikasi panduan terbaru

Dapatkan update panduan properti terbaru dari langsung ke email anda

Compare listings

Compare