10 Saham Properti Terbaik di Indonesia untuk Dipelajari di Tahun 2023

Pasar properti di Indonesia selalu menjadi salah satu yang menarik perhatian investor. Pasar ini terus tumbuh dan berkembang seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan jumlah penduduk yang semakin meningkat. Oleh karena itu, tidak heran jika saham dari perusahaan properti menjadi salah satu yang paling dicari oleh investor. Namun, dengan banyaknya pilihan yang tersedia, mungkin menjadi sulit untuk menentukan saham mana yang akan dibeli.

10 Saham Properti Terbaik di Indonesia untuk Dipelajari di Tahun 2023
gambar illustrasi dari unsplash.com

Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi 10 saham properti terbaik di Indonesia yang diharapkan akan memberikan hasil yang baik pada tahun 2023. Kami akan memberikan informasi tentang profil perusahaan, prestasi keuangan, dan prospek investasi dari masing-masing saham.

 

1. PT Pollux Property Indonesia Tbk (POLL)

Perusahaan pengembangan properti internasional, Pollux Property, beroperasi di Indonesia dan berkomitmen untuk mengembangkan proyek-proyek seperti apartemen komersial, retail, dan hotel di kota-kota utama Indonesia. Beberapa proyek yang sedang dikembangkan termasuk Pollux Amarsvati di Lombok yang merupakan proyek perumahan yang menawarkan fasilitas modern dan lingkungan yang nyaman dan aman. Selain itu, Pollux Property juga mengembangkan proyek Pollux Skysuites di Mega Kuningan, Jakarta yang merupakan sebuah apartemen mewah yang menawarkan pemandangan kota Jakarta yang indah.

Namun, meskipun kapitalisasi pasar Pollux Property mencapai 1,6 triliun rupiah pada Januari 2023, harga saham perusahaan ini telah mengalami penurunan sejak awal tahun 2022. Dari harga Rp1.015 per lembar pada Januari 2022, harga saham saat ini hanya Rp192 per lembar. Hal ini dapat dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti situasi pasar yang tidak stabil, pengaruh dari pandemi atau faktor lainnya. Namun, sebagai perusahaan yang memiliki prospek investasi yang baik dan kinerja yang stabil, Pollux Property tetap menjadi pilihan investasi yang menarik bagi para investor.

 

2. Metropolitan Kentjana Tbk (MKPI)

Pasti Anda sudah familiar dengan nama perumahan elit di Jakarta Selatan, Rumah Pondok Indah, atau mall yang memiliki nama yang sama. Kedua aset tersebut dikembangkan oleh PT Metropolitan Kentjana Tbk atau MKPI, sebuah perusahaan yang berdiri pada tahun 1972 dan masih aktif dalam mengelola aset-aset properti. Rumah Pondok Indah dan Mall Pondok Indah adalah contoh dari proyek yang dikembangkan oleh MKPI. Rumah Pondok Indah adalah perumahan elit yang terletak di Jakarta Selatan, yang memiliki lingkungan yang nyaman dan aman serta fasilitas yang lengkap. Mall Pondok Indah adalah mall yang terletak di dekat Rumah Pondok Indah, yang menawarkan beragam pilihan toko, restoran, dan hiburan bagi pengunjungnya.

Hal ini menyebabkan pada awal tahun ini, perusahaan ini mencatatkan nilai kapitalisasi pasar sebesar 35,4 triliun rupiah. Namun, meskipun mengalami penurunan harga pada paruh awal tahun 2022, paruh akhir tahun lalu menjadi “surga” bagi investor saham ini. Pasalnya, harga saham MKPI mulai merangkak naik pada Juli 2022. Hal ini dapat dikarenakan dari kinerja keuangan yang stabil dari perusahaan dan prospek investasi yang menjanjikan dari proyek-proyek yang sedang dikembangkan oleh MKPI. Saat ini, pada Januari 2023, saham MKPI dijual dengan harga Rp 37.350 per lembar atau 50% lebih tinggi dibandingkan harganya pada Januari tahun sebelumnya. Ini menunjukkan bahwa MKPI adalah pilihan investasi yang menarik bagi para investor.

 

3. Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)

BSD adalah kompleks perumahan dan perkantoran yang dikembangkan oleh PT Bumi Serpong Damai Tbk, sebuah perusahaan properti yang didirikan pada tahun 1984. BSD menawarkan berbagai pilihan properti mulai dari hunian, perkantoran, komersial, hingga industri. Konsep pengembangan yang diterapkan oleh BSD didesain untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penghuninya.

Dalam pengembangan proyeknya, BSD selalu mengedepankan kualitas dan standar yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari pemilihan lokasi yang strategis, arsitektur yang modern dan inovatif, serta fasilitas yang lengkap dan berkualitas. Selain itu, BSD juga memberikan jaminan keamanan dan keamanan yang ketat untuk setiap proyek yang dikembangkan.

Baca Juga:  Cara Cerdas Menjual Rumah dalam Waktu Singkat

BSDE memiliki harga saham yang relatif stabil sepanjang tahun 2022. Dengan harga saham sebesar Rp 915 per lembar, BSDE mencatatkan pertumbuhan yang stabil. Selain itu, perusahaan ini juga memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar 19,3 triliun rupiah, yang menjadikan BSDE sebagai perusahaan terbesar ketiga dalam IDX sectors property & real estate. Hal ini menunjukkan bahwa BSDE adalah perusahaan properti yang sangat stabil dan dapat diandalkan bagi para investor.

 

4. Pakuwon Jati Tbk (PWON)

Pakuwon Jati adalah perusahaan developer yang berasal dari Surabaya yang terkenal sebagai raja Mall karena banyak mendirikan dan mengelola mall-mall di Surabaya dan Jakarta. Namun, sebenarnya perusahaan ini bukan hanya beroperasi di bidang properti komersial saja, tapi juga di bidang properti residensial, perkantoran, perhotelan, dan lain-lain. Perusahaan ini menawarkan beragam pilihan properti untuk berbagai kebutuhan masyarakat.

PWON juga merupakan salah satu saham syariah terbaik yang patut dipertimbangkan oleh investor yang ingin memiliki emiten yang sesuai dengan syariat Islam. Perusahaan ini mengutamakan prinsip-prinsip syariah dalam operasionalnya.

Sepanjang tahun 2022, harga saham PWON tampak mengalami kontraksi. Harga saham yang awalnya sekitar Rp580 per lembar saham sempat menyentuh titik terendah di harga Rp426 per lembar sebelum akhirnya naik kembali menjadi Rp442 per lembar seperti saat ini. Hal ini dapat dikarenakan oleh beberapa faktor seperti situasi pasar yang tidak stabil atau faktor lainnya. Namun, dengan prospek investasi yang baik dan kinerja yang stabil, PWON tetap menjadi pilihan investasi yang menarik bagi para investor yang mencari saham syariah yang baik.

 

5. Ciputra Development Tbk (CTRA)

Ciputra Development Tbk adalah perusahaan properti yang didirikan oleh Ir. Ciputra, seorang konglomerat asal Sulawesi Tengah pada tahun 1981. Ia adalah seorang pengusaha yang sukses dalam bidang properti dan telah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan properti di Indonesia. Setelah beliau meninggal, perusahaan ini dikelola oleh anak-anaknya secara langsung.

Per Januari 2023, nilai kapitalisasi pasar perusahaan ini mencapai 16,9 triliun rupiah dengan harga saham mencapai Rp910 per lembar. Sepanjang tahun 2022, harga saham CTRA relatif fluktuatif. Sempat dijual dengan harga terendah Rp830 per lembar, saham ini juga sempat dijual dengan harga Rp1.120 per lembar. Hal ini dapat dikarenakan oleh beberapa faktor seperti situasi pasar yang tidak stabil atau faktor lainnya. Namun, dengan kinerja keuangan yang stabil dan prospek investasi yang baik, Ciputra Development Tbk tetap menjadi pilihan investasi yang menarik bagi para investor.

 

6. Maha Properti Indonesia Tbk (MPRO)

Perusahaan properti berikutnya yang akan kita bahas adalah PT Maha Properti Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2004 dan listing di bursa saham sejak tahun 2018. Selama bertahun-tahun, perusahaan ini telah mengembangkan berbagai proyek utama seperti The Kahyangan di Solo, sebuah proyek perumahan yang menawarkan fasilitas modern dan lingkungan yang nyaman. Selain itu, perusahaan juga mengembangkan proyek Simprug Signature di Jakarta Selatan, sebuah perumahan elit dengan fasilitas yang mewah.

Sepanjang paruh awal tahun 2022, saham MPRO cenderung mengalami sideways di level harga Rp760-820 per lembar, sebelum akhirnya perlahan-lahan mulai naik sejak Juli 2022. Bahkan per Januari 2023, saham ini mencetak harga tertingginya pada level Rp1.750 per lembar atau naik 113% dibandingkan harganya pada awal tahun 2022 lalu. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan ini memiliki prospek investasi yang sangat baik. Seiring dengan peningkatan harga saham, angka kapitalisasi pasar perusahaan ini meningkat juga menjadi 17,4 triliun rupiah. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan ini memiliki kinerja keuangan yang stabil dan menarik perhatian investor.

Maha Properti Indonesia juga dikenal sebagai perusahaan yang memperhatikan aspek lingkungan dan sosial dalam setiap proyek yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan berkelanjutan bagi masyarakat.

Baca Juga:  Karna Kasus Meikarta, Skema Penjaminan Pembiayaan Perumahan Akan Dikembangkan Oleh Pemerintah

 

7. Lippo Karawaci Tbk (LPKR)

Lippo Karawaci Tbk adalah perusahaan developer properti yang berpengalaman dalam membangun dan mengembangkan berbagai proyek seperti mall, hotel, rumah sakit, dan apartemen di seluruh Indonesia. Beberapa proyek yang dikembangkan oleh perusahaan ini meliputi Lippo Malls, Lippo Cikarang, Taman Bunga Residence di Makassar, dan masih banyak lagi.

Namun, sebagai perusahaan, Lippo Karawaci Tbk mengalami beberapa kesulitan pada tahun 2022. Berbeda dengan saham MPRO yang mengalami sideways pada paruh awal tahun lalu dan naik pada paruh kedua, saham LPKR sempat stabil pada periode Januari-Juli 2022 sebelum kemudian mengalami trend penurunan. Saat ini saham LPKR dijual dengan harga Rp74 per lembar atau turun 42% dibandingkan satu tahun yang lalu. Hal ini diperkirakan disebabkan oleh serangkaian berita negatif, seperti penjualan saham oleh investor pengendali, masalah , hingga kerugian keuangan yang cukup besar di bulan September yang menembus Rp1,9 triliun.

 

8. Puradelta Lestari Tbk (DMAS)

Puradelta Lestari Tbk adalah perusahaan hasil kerja sama antara PT Sinarmas Land dan Sojitz Corporation, perusahaan properti asal Jepang yang berfokus pada pengembangan kawasan Kota Deltamas di Cikarang, Bekasi. Kawasan ini mencakup perumahan, perkantoran dan kawasan industri yang dikelola oleh Puradelta Lestari.

Meskipun memiliki proyek yang potensial, saham DMAS cenderung mengalami trend bearish sepanjang tahun 2022. Pada Januari 2022, saham DMAS dijual dengan harga Rp161 per lembar atau turun 15% dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, nilai kapitalisasi pasar perusahaan juga mengalami penurunan yang cukup signifikan. Ini menunjukkan bahwa perusahaan ini mengalami kesulitan dalam meningkatkan performa keuangannya dan memerlukan strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan kinerja keuangannya.

 

9. Summarecon Agung Tbk (SMRA)

Summarecon Agung Tbk (SMRA) dapat dikatakan sebagai salah satu pionir dalam pembangunan kota Jakarta. Didirikan oleh Soetjipto Nagaria pada tahun 1975, perusahaan ini telah berhasil mengembangkan kawasan Kelapa Gading menjadi kawasan yang modern dan terkemuka.

Sepanjang paruh awal tahun 2022, harga saham SMRA cenderung stabil di kisaran 665-800 rupiah per lembar. Namun, sejak Juni 2022, harga saham perusahaan ini terus mengalami penurunan. Saat ini, saham SMRA dijual dengan harga 580 rupiah per lembar. Meskipun demikian, perusahaan ini memiliki kinerja keuangan yang stabil dan proyek-proyek yang sedang dikembangkan yang akan memberikan prospek yang baik bagi investor jangka panjang. Hal ini menunjukkan bahwa Summarecon Agung Tbk (SMRA) tetap menjadi pilihan yang baik bagi investor yang ingin berinvestasi di sektor properti.

 

10. Plaza Indonesia Realty Tbk (PLIN)

PT Plaza Indonesia Realty Tbk (PLIN) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan dan pengelolaan properti. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1990 dan saat ini memiliki beberapa proyek utama seperti Plaza Indonesia, Grand Indonesia dan Pacific Place. Per Januari 2023, nilai kapitalisasi pasar perusahaan ini mencapai 14,5 triliun rupiah dengan harga saham mencapai 920 rupiah per lembar. Selama tahun 2022, perusahaan ini mencatatkan kinerja keuangan yang stabil dengan pertumbuhan pendapatan yang konsisten. Dengan proyek-proyek yang sedang dikembangkan dan rencana ekspansi yang akan datang, prospek investasi di PLIN sangat baik.

 

Dari daftar di atas, dapat dilihat bahwa saham-saham properti yang ditampilkan memiliki kinerja keuangan yang baik dan prospek investasi yang menjanjikan. Namun, sebagai investor, selalu penting untuk melakukan riset dan analisis yang tepat sebelum membuat keputusan investasi. Namun, ini adalah 10 saham properti terbaik di Indonesia yang dapat dikembangkan pada tahun 2023.

Setelah mempelajari 10 saham properti terbaik di Indonesia, jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan pasar properti dan saham dengan mengunjungi rumahub.com. Di sini, Anda akan menemukan berita saham dan panduan properti yang terkini dan akurat untuk membantu Anda dalam membuat keputusan investasi yang tepat. Akses sekarang di rumahub.com dan dapatkan informasi yang Anda butuhkan untuk meningkatkan portofolio investasi Anda.

 

Rumahub

Rumahub

Menulis artikel panduan properti telah menjadikan misi kami untuk berbagi yang terbaru dan terbaik tentang properti, real estat, dan banyak lagi.

Baca Juga Artikel Lainnya

Iklan Properti

Rumahub Listing Property

Jual beli rumah dengan mudah bersama Rumahub. daftar dan login untuk memasang listing properti mu sekarang!

Panduan Populer

notifikasi panduan terbaru

Dapatkan update panduan properti terbaru dari langsung ke email anda

Compare listings

Compare